#

Semarang - Program unggulan MLH PWM Jawa Tengah adalah eco pesanren, yang sudah diimplementasikan di beberapa pesantren di wilayah Jawa Tengah seperti di Boyolali, Semarang, Pati. Bahkan di Universitas Muhammadiyah Semarang telah memanfaatkan energi dari limbah/sampah dari pukul 06.00 - 12.00, ini sebagai upaya nyata dalam menghemat energi yang luar biasa.

Sebuah Pesantren di Boyolali telah menerapkan biogas untuk memasak dan menerangi pesantren di waktu malam hari, di samping menghijaukan pesantren dengan pohon-pohon produktif dan bunga-bunga yang memperindah taman di halaman dan seputar pesantren.

Tak lupa gerakan shodaqoh sampah pun secara rutin telah dioperasikan dengan baik. Itulah gambaran sederhana dari implementasi eco-pesantren yang diinisiasi dan dikembangkan oleh Majelis Lingkungan Hidup PWM Jawa Tengah.

Demikian sekilas bincang-bincang malam Jum'at (1/11/2018) di sebuah rumah makan di Semarang bersama pak Agus dan pak Bagus Irawan (Sekretaris dan Wakil Ketua MLH PWM Jateng). Menurut Agus Hadi, Sekretaris MLH PWM Jawa Tengah "Program unggulan eco pesantren ini sedang dalam proses penerbitan buku panduannya secara komprehensif, sehingga akan memudahkan pesantren yang menerapkannya sebagai bagian dari dakwah lingkungan" ujar Agus Hadi yang juga Dosen Undip.

Sementara itu, Bagus Irawan (Wakil Ketua MLH PWM Jateng), "saat ini MLH PWM Jateng sedang mempersiapkan Rakerwil Regional Jawa yang insya Allah akan diselenggarakan pada pertengahan Desember 2018 nanti. Untuk itu kami mohon dukungan semua pihak terkait agar  acara dapat terselenggara dengan baik dan sukses".

Penguatan kelembagaan MLH PDM se-Jawa Tengah juga senantiasa diupayakan secara rutin. Oleh karenanya Rakorwil Regional Jawa ini bersamaan juga dengan Rakerwil MLH PWM Jawa Tengah.

Di sisi lain, saat ini MLH PWM Jawa Tengah sedang menyusun panduan Green School, sebagai upaya nyata untuk menghijaukan sekolah-sekolah di lingkungan Muhammadiyah. Panduan ini nantinya dijadikan sebagai pedoman dan setiap tahunnya akan dievaluasi dan dilombakan, pemenangnya akan mendapat penghargaan khusus dari MLH.(ht)

Related Article

View More

Comment

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018