#

MLH PPM yang diwakili Hidayat Tri dan Faisal M Yasin menerima tamu dari Hutan itu Indonesia (HII) dan Humanitarian Forum Indonesia (HFI) pada 20 September 2018 di Ruang AR Fakhruddin Menteng Jakarta Pusat. Sejak tiga tahun ini kedua organisasi tersebut (HII dan HFI) konsen dalam program yang memperkenalkan kembali esensi hutan kepada para pemuka agama dan komunitas pemuda lintas iman serta mengangkat gagasan akan cinta hutan dari perspektif keyakinan dan menggali perspektif lintas iman yang dapat diolah sebagai materi kampanye publik.

Dalam kesempatan tersebut Christian N.A., perwakilan HII menegaskan bahwa “menyadari, memperjuangkan pelestarian hutan tidak bisa dikerjakan sendiri. Memperjuangkan alam Indonesia harus dilakukan secara gotong royong, lintas sektor, lintas identitas, termasuk lintas iman. Nilai-nilai keagamaan telah lama menjadi bagian dari kearifan lokal Indonesia dan menjadi semangat gerak bagi masyarakat Indonesia.”

Sementara itu Dear Sinandang dari HFI memaparkan bahwa “hasil akhir dari serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam upaya memperkenalkan kembali esensi hutan kepada para pemuka agama dan komunitas pemuda lintas iman adalah produk materi dan kampanye publik (online & offline) lintas iman dan kepercayaan terkait pelestarian dan perlindungan hutan”, ujarnya.

Sebagai tuan rumah Hidayat Tri (MLH PPM) “kami menyambut baik dan merasa berbahagia serta senang karena mendapat teman baru yang konsern terhadap penanganan masalah-masalah lingkungan, bagi Muhammadiyah upaya-upaya nyata penanganan masalah-masalah lingkungan diperlukan langkah terpadu berbasis masyarakat untuk melakukan aksi bersama (interfaith action) antar berbagai komponen masyarakat, terutama komunitas beragama, dan kelompok bisnis”.

Lebih lanjut Hidayat Tri menegaskan bahwa “memelihara lingkungan sama wajibnya dengan memelihara kehidupan dan sebaliknya, bahkan memelihara lingkungan adalah amanah Allah dan tanggung jawab manusia sebagai khalifatullah fil ardl.  Manusia merupakan bagian dari alam, manusia mempunyai peran atau tugas khusus yakni sebagai khalifah, atau wakil Allah dan pemimpin di bumi”, tandas anggota Divisi Humas dan Kerjasama MLH PPM ini.

Oleh karena ajakan dari Hil dan HFI untuk berkolaborasi dan menjadi bagian dari gerakan menjaga hutan Indonesia dalam program kampanye publik ini kita terima dan bahkan saling bersinergi untuk melestarikan hutan Indonesia secara menyeluruh (hts).

Related Article

View More

Comment

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018