#

Palembang—lingkunganmu.com—MLH PWM Sumatera Selatan bergerak menghijaukan Bumi Sriwijaya di Kabupaten Musi Rawas Utara (MURATARA), Musi Rawas (MURA), dan Kota Lubuk Linggau pada Selasa, Rabu dan Kamis tgl 4 - 6 Agustus 2020.

Kegiatan yang bertemakan "Menghijaukan Bumi Sriwijaya"  ini dilaksanakan hari Kamis tgl 6 Agustus 2020 di Kantor PDM Kota Lubuk Linggau merupakan hasil kerja sama antara MLH PWM Sumsel dengan anggota DPD RI Utusan Sumsel Arniza Nilawati, SE., MM. dengan membagikan sejumlah bibit untuk ditanam dan dipelihara oleh masyarakat secara langsung, dengan rincian di Kabupaten MURATARA (2000 batang), Kabupaten MURA (1000 batang), dan Kota Lubuk Linggau (1000 batang).

Dr. Ir.  Mukhtarudin Muchsiri, MP. (Wakil Ketua PWM Sumsel) menegaskan “Dalam QS. Ar-Ruum ayat 41, dijelaskan bahwa telah nampak jelas kerusakan di daratan dan di lautan akibat perbuatan tangan manusia, karena Allah SWT hendak membuat manusia merasakan sebagian akibat perbuatan mereka, niscaya mereka akan kembali (kepada jalan yg lurus). Kerusakan itu timbul karena perbuatan manusia yang melenceng dari aturan Allah, melenceng dari kebenaran”, tegas Wakil Rektor UM Palembang.

Lebih lanjut, beliau memberikan solusi “untuk itu manusia harus melakukan islah (perbaikan), karena hanya dengan melakukan islah dan melakukan ketaatan dan kepatuhan kepada Allah, bumi terjaga dari kerusakan dan kehancuran. Sebagian kecil dari perbuatan islah dan ketaatan adalah memghijaukan bumi dengan menanam pohon. Agar tidak semata-mata bermanfaat penghijauan maka komoditas yang ditanam adalah tanaman buah-buahan”.

Sementara itu, Dr. Khalisah, Ketua MLH PWM Sumsel mengajak warga Muhammadiyah di Sematera Selatan, khususnya di 2 Kabupaten dan 1 kota yang menjadi sasaran kegiatan saat ini “agar melakukan Gaya Hidup Go Green. Di masa Pandemi Covid-19 ini banyak keluarga memiliki banyak waktu untuk lebih aktif turun tangan terhadap isu perubahan iklim, kebakaran hutan dan isu-isu lainnya yang mempengaruhi lingkungan termasuk di dalamnya adalam melakukan penghijauan di sekitar halaman rumah. Lakukanlah hal kecil sehari-harinya dengan senantiasamelakukan Gaya Hidup Go Green sederhana seperti membawa botol minum sendiri, menggunakan transportasi umum, dan juga melakukan daur ulang sampah dimulai dari sumbernya yakni Rumah Tangga”.

Upaya-upaya penghijauan seperti ini harus senantiasa dilakukan kapanpun dan dimanapun sebagai upaya nyata dalam memberikan keamanan dan kenyamanan hidup bagi kita dan anak cucu kita di masa mendatang (ddp).

Related Article

View More

Comment

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018