#

Yogyakarta—lingkunganmu.com—Majelis Lingkungan Hidup PDM Kota Yogyakarta gelar “Gowes Susur Sungai” pada 27 Desember 2020. Acara di Ahad akhir tahun ini melibatkan unsur dari MLH PP Muhammadiyah, Pimpinan PDM Kota Yogyakarta, utusan dari PCM dan PRM se-Kota Yogyakarta.

Hery Setiawan, Ketua MLH PDM Kota Yogyakarta menegaskan bahwa dalam Al-Qur'an surat Al-Anbiya' ayat 107 Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmatan Lil ‘alamiin yaitu Rahmat untuk semua alam. Rahmat untuk pemeliharaan, kemanfaatan, kenyamanan dalam hubungannya dengan manuasia, tumbuhan, hewan, malaikat, jin.

Ayat ini memiliki beberapa makna, yaitu: Allah telah mengutus semua rasul sebagai rahmat dari-Nya kepada sekalian alam; Allah mengutus nabi Muhammad dan menjadikannya sebagai rahmat bagi seluruh alam; atau Allah mengutus nabi Muhammad sebagai rahmat dari-Nya bagi seluruh alam.

Makna alam di sini adalah jagat raya yang terdiri dari kumpulan makhluk hidup, baik alam manusia, alam malaikat, alam jin, alam hewan dan tumbuh-tumbuhan. Semua alam itu memperoleh rahmat–tanpa terkecuali–dengan kehadiran nabi terakhir, yakni nabi Muhammad SAW yang membawa ajaran Islam.

Dengan rahmat itu terpenuhilah hajat batin manusia untuk meraih ketenangan, ketentraman, serta pengakuan atas wujud, hak, bakat dan fitrahnya, sebagaimana terpenuhinya hajat keluarga kecil dan besar, menyangkut perlindungan, bimbingan dan pengawasan serta saling pengertian dan penghormatan.

Terkit dengan Gowes Susur Sungai ini dilatarbelakangi keberadaan sungai sebagai medium kesejahteraan eksistensi dan fungsinya kurang dipahami dan dimengerti dengan baik oleh manusia sehingga perilakunya terhadap sungai bahkan daerah aliran sungai (DAS) kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan upaya penyadaran masyarakat oleh berbagai pihak secara bersama-sama dan simultan menuju SUNGAI ASRI LESTARI-HIDUP NYAMAN LESTARI. Untuk itulah MLH PDM Kota Yogyakarta sebagai bagian dari masyarakat sudah sewajarnya ambil bagian dalam upaya tersebu, tandas Hery Setiawan.

Sementara itu, Gatot Supangkat, Sekretaris MLH PP Muhammadiyah menegaskan bahwa “ada 3 Kunci keharmonisan hidup, yakni hablumminallah, hambulmminannas, dan hablumminal alam. Seberapa jauh habluminal alam yang sudah kita jalin, seberapa kita bisa berbuat baik terhadap tumbuhan yakni dengan memperlakukan tumbuhan dengan sebagaimana mestinya mulai dari menanam tumbuhan secara berjarak, memelihara, memanen, mengemas, dan memasarkan. Kita harus berperilaku yang baik terhadap tumbuhan”.

Gowes Susur Sungai diharapkan menjadi acara rutin setiap akhir tahun sebagai sosialisasi, edukasi dan advokasi kepada masyarakat agar berperilaku yang baik dan bijak terhadap sungai (ddp).

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018