#

Sorong --lingkunganmu.com. Kuliah Kerja Nyata (KKN)) Mahasiswa UM Yogyakarta berhasil bangun Rumah Baca Kokoda di Kampung Warmon Kokoda, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong yang diresmikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haidar Nashir yang didampingi Ketua Umum PP Aisyiyah, Kepala LP3M UM Yogyakarta, Pimpinan Wilayau Muhammadiyah Papua Barat dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong pada Sabtu, 12 Januari 2018. 

Dalam sambutannya Haidar Nashir menegaskan bahwa "berkunjung ke Tanah Papua bukan merupakan tanah yang asing bagi Muhammadiyah, sebab Papua merupakan bagian dari NKRI yang tidak dapat dipisahkan sehingga perhatian Pengurus Pusat Muhammadiyah begitu penting untuk memberdayakan masyarakat Papua".

Lebih lanjut  Ketua Umum PP Muhammadiyah ini juga menambahkan bahwa ketika Sang Proklamator Indonesia Bung Karno masih hidup, beliau menegaskan bahwa "Papua adalah bagian dari NKRI, Papua bagi Indonesia ibarat anggota tubuh, jika tersakiti maka seluruh anggota tubuh merasakannya". Oleh karenanya Muhammadiyah menjalankan pesan Sang Proklamator "Dulu Bung Karno pernah menegaskan bahwa Papua ini sebagai bagian dari NKRI, oleh karenanya perhatian Muhammadiyah itu merupakan menjalankan pesan dari Bung Karno, mari kita jaga kita rawat kebersamaan ini, sehingga Papua akan terus maju," tandas Haidar Nashir.

Sementara itu, Dr. Gatot Supangkat, Kepala LP3M UM Yogyakarta menjelaskan bahwa "Pendidikan merupakan satu-satunya cara untuk merubah kondisi sosial masyarakat karena dengan cara ini SDM akan menjadi lebih cerdas dan berkarakter. Rumah Baca Kokoda ini merupakan ujud bhakti Muhammadiyah melalui pengabdian mahasiswa UM Yogyakarta yang tergabung dalam Mahardika Bakti Negeri (MBN). Kegiatan KKN 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) mahasiswa UM Yogyakarta dengan program unggulan bidang Pendidikan telah mampu meningkatkan kemampuan baca tulis masyarakat".

KKN 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang dilaksanakan Mahasiswa UM Yogyakarta ini telah berlangsung beberapa tahun terakhir ini dalam upaya ikut berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan anak negeri. (ddp)

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018