#

Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Muhammadiyah Lampung mencanangkan gerakan penyuluhan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana kepada masyarakat Desa Banyuwangi, Kecamatan Banyumas, Rabu (24/1/2018). Diikuti 60 peserta, gerakan ini mampu mengajak berbagai kelompok. Diantara kelompok yang turut serta ialah kelompok tani, wanita tani, Karang Taruna, pemuda Muhammadiyah, dan perempuan Muhammadiyah atau biasa disebut 'Aisyiyah.

Mengusung tema "Gerakan Cinta Lingkungan", kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Ketua MLH Muhammadiyah Lampung Erna Rochana dan akademisi Universitas Lampung Fajar Sasora. Gerakan yang dicanangkan di Balai Desa Banyuwangi ini menghasilkan gagasan untuk menanam 1000 pohon dan pemanfaatan pekarangan untuk kaum perempuan.

Pemateri Erna mengungkapkan, perlu ada penyadaran kembali akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Ini dilakukan agar lingkungan tetap asri dan sehat untuk generasi sekarang dan selanjutnya. "Selain dijaga, lingkungan harus bernilai ekonomis," kata Erna.

Pemanfaatan dalam segi ekonomi bisa dilakukan dengan penanaman tanaman obat keluarga, sayuran, atau tanaman buah. Menurut Erna, pemanfaatan lingkungan tidak boleh merusak lingkungan. Harus ada simbiosis mutualisme antara lingkungan dan manusia. "Saling menjaga dan saling menguntungkan," kata dia.

Saat ini, kata Erna, tingkat kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup sudah mulai hilang. Gerakan yang dicanangkan MLH Muhammadiyah Lampung, kata dia, sangat membantu mewujudkan lingkungan yang sehat dan asri.

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018