#

Yogyakarta—lingkunganmu.com--Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional, Hari Konservasi Alam Nasional dan Kemerdekaan RI ke 75, Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM Kota Yogyakarta menggelar Lomba Essai Peduli Lingkungan, dengan mengambil tema “Menumbuhkan Progresivitas Peduli Lingkungan di Era Pandemi Covid-19”. Kegiatan Lomba Essai Peduli Lingkungan dilaksanakan selama bulan Agustus 2020.

Menurut Hery Setiawan, Ketua MLH PDM Kota Yogyakarta menegaskan bahwa “Kondisi lingkungan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Salah satu sebabnya adalah lemahnya keberpihakan terhadap upaya pelestarian lingkungan. Setiap hari tanpa bencana itulah ungkapan yang saat ini berkembang di masyarakat. Hampir tiap hari kita terima kabar tentang bencana melalui media baik media cetak maupun media elektronik.”

Lebih lanjut, Hery mengatakan “Untuk itulah, MLH PDM Kota Yogyakarta menggelar Lomba Essai Peduli Lingkungan sebagai upaya mengembangkan Gerakan Sadar Lingkungan di Era Pandemi Covid-19 ini. Gerakan yang bersifat Konsepsual dan Literasi ini diikuti 16 peserta yang berasal dari Yogyakarta, Madura, Sulawesi dan Papua Barat”, ujar Dosen UAD Yogyakarta dalam penyerahan hadiah juara pada 3 Oktober 2020.

Sementara itu, Dr. Ir. Gatot Supangkat, MP, salah satu Juri Lomba ini menyambut baik pelaksanaan Lomba Essai Peduli Lingkungan ini yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi di bidang lingkungan hidup, memberi ruang kreatifitas bagi pelajar/mahasiswa dan masyarakat umum, memperkaya konsep dan gagasan dalam kepedulian lingkungan  dan menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat terkait lingkungan hidup.

Kriteria penilaiannya adalah peserta lomba merupakan WNI, peserta mengikuti lomba secara individu, peserta hanya diperbolehkan untuk mengirimkan maksimal 2 naskah essay yang berbeda, merupakan karya orisinal yang belum pernah diikutsertakan pada perlombaan apapun dan belum pernah dipublikasikan, peserta hanya dapat menjadi juara dari satu judul essai yang dikirimkan dan segala bentuk kecurangan dan plagiarisme akan dikenakan pengurangan nilai, diskualifikasi serta pembatalan juara.

Sebagai juara untuk Kategori PELAJAR/MAHASISWA Juara 1 Cristoffer Veron Purnomo, Juara 2 Ira Resky Ikhtianah, Juara 3 Muhammad Reski, Juara Harapan 1 Hening Nugroho dan Juara Harapan 2 Nabila Adzarifah sedangkan untuk Kategori UMUM Juara 1 Rahmat Hidayat, Juara 2 Irham Wibowo, Juara 3 Suwardono, Juara Harapan 1 Eko Harianto dan Juara Harapan 2 Heru Sudjanto (ddp).

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018