#

Dua orang utusan PP Muhammadiyah dari Majelis Lingkungan Hidup (MLH), yakni Hidayat Tri dan Dudi Setyabudhi menghadiri The Interfaith Rainforest Initiative Meeting yang berlangsung di Four Points Hotel Jakarta Pusat pada 23 Oktober 2018.

The Interfaith Rainforest Initiative Meeting adalah pertemuan yang diselenggarakan oleh United Nation Environment Program (UNEP) bertujuan untuk mempertemukan para pemimpin dari berbagai agama dan organisasi berbasis agama, kelompok masyarakat adat, LSM yang bekerja di bidang kehutanan dan iklim, Pemerintah Indonesia, penelitian dan komunitas sains, pemerintah donor, dan pemangku kepentingan utama lainnya.

The Interfaith Rainforest Initiative adalah aliansi internasional, multi-agama baru yang bertujuan untuk membawa urgensi moral dan sumber spiritual guna upaya global dalam mengakhiri deforestasi tropis.  

Dalam kesempatan itu Hidayat Tri menjelaskan tentang program-program Muhammadiyah di bidang Pelestarian Lingkungan Hidup secara umum dan khususnya tentang perlindungan/pelestarian hutan hujan di Indonesia.

Muhammadiyah memandang bahwa persoalan lingkungan, perubahan iklim dan deforestri hutan diperlukan langkah terpadu berbasis masyarakat untuk melakukan aksi bersama (interfaith action) antar berbagai komponen masyarakat, terutama komunitas beragama, dan kelompok bisnis.

Banyak hal telah diperbuat Muhammadiyah untuk melindungi dan melestarikan hutan hujan di Indonesia seperti penelitian tentang peran lembaga dalam penanganan kebakaran hutan, pengelolaan hutan pendidikan di Palangkaraya, Bengkulu, Malang, Mataram , Palembang. Yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan Hutan Rakyat Mandiri yang diberi nama KAWASAN PENYEJUK BUMI, seperti di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan yang dilaunching sebulan lalu.

Upaya-upaya lain melalui SOSIALISASI yang berfokus pada pemahaman (komunikasi, internalisasi dan implementasi), EDUKASI yang berfokus pada perubahan sikap dan perilaku dan ADVOKASI yang berfokus pada membangun komitmen dan kepudulian tetap dilaksanakan secara sinergis baik secara internal maupun eksternal. (ht)

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018