#

Jogjakarta---lingkunganmu.com--- Wakil Walikota Jogjakarta Drs Heroe Purwadi MA, meresmikan berdirinya Taman Robin di pinggir Kali Code RW 7 Jetisharjo Cokrodiningratan Jogjakarta pada Ahad (19/7).

Taman Robin ini diinisiasi oleh pemerti Kali Code dengan didukung masayarakat di sekitar Kali Code dan dunia usaha seperti CSR dari BRI semakin menarik dan menjadikan daya tarik yang kuat untuk berwisata di pinggir Kali Code. Taman sejuta bunga ini atas prakarsa Lurah Cokrodiningratan dikembangkan lagi dengan menarik Universitas Jana Badra untuk mendisain penyiraman jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet dan menambah wisata kuliner dan kerajinan di hari Ahad dengan menggelar “Pasar Minggon”.

Taman ini dilengkapi dengan Robin (robot irigasi nyuburke), di mana ada inovasi model penyiraman taman sejuta bunga secara otomatis dengan berbasis teknologi internet. Taman Robin ini juga menyatu dengan Taman Wisata Code yang dikelola Pemerti Kali Code. Taman inovasi ini diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke kali Code. Selain itu setiap Minggu digelar Pasar Minggon Wisata Kali Code yang menyajikan aneka kuliner dan kerajinan khas Code.

Drs Heroe Purwadi MA. berharap agar “upaya memanfaatkan tehnologi internet untuk penyiraman secara otomatis ini merupakan wujud implementasi Kota Jogjakarta sebagai smart city. Apalagi kegiatan ini merupakan wujud sinergisitas antara komunitas pemerhati Kali Code, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan pemerintah sehingga perlu mendapat apresiasi”.

Sementara itu, Eri Haryanto, Ketua Tim Robin menjelaskan bahwa ”alat penyiraman ini bisa bekerja dengan dua mode yaitu terjadwal berdasarkan jam penyiraman dan mode otomatis berdasarkan pembacaan sensor kelembaban tanah. Ketika tanahnya kering otomatis melakukan penyiraman dan jika sudah mencapai kelembapan tertentu maka akan berhenti menyiram”.

Lebih kanjut dosen Universitas Jana Badra Jogjakarta ini menegaskan bahwa “alat ini dilengkapi juga dengan pengendalian jarak jauh berbasis internet sehingga bisa diakses kapanpun, dimanapun, meskipun jaraknya jauh, sumber energinya pun ramah lingkungan yakni menggunakan solar cell”.

Adanya taman sejuta bunga dengan robin (robot irigasi nyuburke) ditambah lagi digelarnya Pasar Minggon dengan aneka kuliner dan kerajinan rakyat akan menjadikan taman robin ini lebih menarik dan rugi jika tidak dikunjungi.

Hadir dalam peresmian Taman Robin ini, Ir Oleg Yohan anggota DPRD Kota Jogjakarta, Ketua Kadin DIY, Kepala Bappeda, Kimpraswil, DLH, DPMPA Ir Edi Muhammad, UGM, Janabadra, Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah, LPMK, Pemerti Kali Code dan masyarakat sekitar Kali Code (ddp).

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018