#

Rawalumbu--linhkunganmu.com-- Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rawalumbu Kota Bekasi melalui kepanitiaan yang dikoordinir Lazismu KL PCM Rawalumbu telah menyembelih 6 ekor sapi dan 5 kambing di hari Idul Adha 1443 H. Pelaksanaan penyembelihan pada tanggal 10 Juli 2022 di Masjid Al Jihad Kelurahan Pengasinan dengan menyembelih 
3 ekor sapi dan 5 ekor kambing dan tanggal 11 Juli 2022 di TK ABA 91 Taman Naragong Indah Kota Bekasi dengan 3 ekor Sapi.

Sedang sholat Idul Adha dilaksanakan di halaman Masjid Al Jihad pada tanggal 9 Juli 2022 dengan Khatib Bapak M.Yunus, yang dihadiri simpatisan dan warga Muhammadiyah Rawalumbu dan sekitarnya.

Menurut M. Ikhwan Rahmanto, Sekretaris Lazismu KL PCM Rawalumbu menegaskan bahwa "Ibadah kurban ini pada hakikatnya adalah memotong kesombongan, menyembelih hawa nafsu dan meningkatkan kebaikan".

Lebih lanjut Ikhwan menjelaskan bahwa "pembagian daging hewan kurban ini didistribusikan kepada dhuafa, anggota dan simpatisan Muhammadiyah di wilayah Rawalumbu dan sekitarnya", tandas dosen Unisma.

Sementara itu Hidayat Tri, Penasihat PCM Rawalumbu berharap bahwa "ibadah kurban ini insya Allah menjadi spirit berbagi keberkahan dan kebahagiaan dalam keluarga, tetangga, sahabat dan umat Islam pada umumnya. Rasa kepedulian terhadap sesama ini perlu terus dijaga di luar bulan Dzulhijjah".

Pada ibadah kurban kali ini panitia kurban PCM Rawalumbu berikhtiar mengurangi sampah plastik  yang sulit/lama diurai decara bertahap dan tidak membuang limbah hewan kurban di sungai. Hal ini sebagai komitmen dan kepedulian PCM Rawalumbu terhadap pengurangan sampah plastik pada khususnya dan penanganan masalah lingkungan.

Sebuah peristiwa agung yang patut kita teladani pada momentum Idul Adha adalah perjuangan Nabi Ibrahim AS, yang dengan pengorbanannya telah berhasil mewujudkan momentum ibadah haji dan syariat penyembelihan hewan kurban bagi orang-orang mukmin sampai sekarang.

Allah SWT berfirman yang artinya "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah" (QS Al Kautsar:1-2).

Perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS terhadap kaumnya yang mengajak agar beriman dan mentauhidkan Allah SWT sangatlah besar dan patut menjadi tauladan bagi kita semua.

Sisi lain yang patut juga diteladani adalah karakter-karakter Ismail semoga senantiasa  bersemayam di Qolbu kita. Ismail sangat amat disayangi dan dicintai, namun kasih sayang dan rasa cinta itu, masih dikalahkan dengan ketaatan pada Ketentuan Allah SWT.

Semoga harta, jabatan dan anak-anak kita tetap pada semangat "Nabi Ismail" (ddp).

Artikel Terkait

Lihat Selengkapnya

Komentar

© Majelis Linkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2018